8 Tanda Kontraktor dan Tukang Bangunan yang Berkualitas

Pekerjaan membangun rumah sudah pasti menjadi pekerjaan yang tidak dapat Anda pandang sebelah mata. Dengan begitu banyaknya pihak kontraktor dan tukang bangunan yang ada di sekeliling Anda, Anda harus paham betul kontraktor dan tukang bangunan seperti apa yang berkualitas, sehingga Anda tidak akan ragu untuk mempercayakan proyek pembangunan rumah Anda pada pihak kontraktor yang Anda pilih.

Dari begitu banyak kontraktor yang mengusung tagline berkualitas, berpengalaman, dan terpercaya, tidak sedikit yang pada kenyataannya, hanya sebatas tagline.

Ketika sudah tanda tangan kontrak, ternyata kualitas kerjanya sungguh mengecewakan. Bahkan beberapa orang mungkin pernah mengalami nasib yang lebih naas daripada mendapatkan kontraktor dan tukang bangunan yang kerjanya tidak sesuai dengan ekspektasi, yaitu ditipu.

Nah, untuk menghindarkan diri Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika akan membangun rumah, Anda perlu mengetahui beberapa tanda kontraktor dan tukang bangunan yang berkualitas seperti berikut ini.

  1. Mereka biasanya sibuk

Apabila suatu kontraktor atau tukang bangunan seringkali luang dan tidak sedang mengerjakan proyek apapun, Anda perlu bertanya pada diri Anda, “mengapa?”

Mungkin bisa jadi mereka baru membuka usahanya, atau baru memulai bisnis perorangan, tapi mungkin bisa juga hal ini didasari oleh hal-hal yang lainnya. Seperti tidak ada yang percaya dengan kredibilitas, atau hasil kerja mereka. Jika tidak banyak orang yang mempercayai mereka, kenapa Anda harus?

Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika Anda akan menandatangi sebuah kontrak dengan suatu pihak kontraktor, dan mereka menyetujui untuk memulai pengerjaan secepatnya. Kontraktor dan tukang bangunan dengan reputasi yang baik tentu memiliki banyak klien yang mengantre untuk menggunakan jasa mereka.

  1. …namun tidak selalu

Meskipun Anda harus mencurigai kontraktor yang selalu lowong, bukan berarti Anda harus memilh kontraktor dengan segudang pekerjaan menanti. Jika Anda tetap ngotot memilih kontraktor yang selalu sibuk, persiapkan diri Anda untuk menelan penyesalan akibat proyek pembangunan rumah yang mundur.

Untuk itu, pastikan Anda telah menanyakan segalanya dengan jelas kepada pihak kontraktor mengenai berapa banyak pekerjaan yang sedang mereka kerjakan, dan apakah ada resiko pekerjaan rumah Anda akan terbengkalai dengan begitu banyaknya pekerjaan di hadapan mereka.

  1. Tepat waktu

Perhatikan waktu ketika Anda bertemu dengan kontraktor Anda. Hal ini merupakan indikator yang paling dasar untuk mengetahui apakah kontraktor Anda menghargai waktu atau tidak. Kontraktor yang datang tepat waktu ketika akan melakukan pertemuan dengan Anda tentu menunjukkan kemampuan mereka mengelola waktu. Hati-hati dengan kontraktor yang sering molor, karena keterlambatan bisa menjadi salah satu tanda bahaya untuk proyek Anda.

  1. Jelas asal-usulnya

Seorang kontraktor yang berkualitas juga pasti memiliki asal usul yang jelas. Mungkin Anda menemukannya dari rekomendari kerabat dekat, keluarga, atau review baik orang-orang di forum online. Mereka juga akan menyediakan informasi yang terbuka sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum memilih mereka menjadi pihak pembangun rumah idaman Anda, seperti portofolio, alamat kantor, dan daftar staff mereka.

  1. Melepaskan sepatunya

Hal ini mungkin sepele, namun ketika seorang kontraktor melepaskan sepatunya ketika memasuki rumah Anda, ini menjadi refleksi bahwa kontraktor tersebut menghargai rumah Anda sebagai sebuah hunian keluarga, dan bukan hanya sekadar tempat bekerja.

  1. Menerima panggilan Anda

Kontraktor yang profesional tentu akan selalu menjawab panggilan telepon Anda di kali pertama Anda mendengar nada sambung. Jikalau mereka tidak menjawab telpon Anda, mereka pasti akan menelpon kembali di kemudian hari. Hal ini menunjukkan rasa hormat kontraktor terhadap klien.

  1. Lakukan tes selama 5 menit

Ketika Anda telah menemukan kontraktor yang Anda rasa pas untuk diajak bekerja sama, Anda perlu mengetes sisi lain dari kontraktor tersebut selain hanya untuk urusan konstruksi bangunan. Misalnya, Anda bisa memulai obrolan lain yang lebih umum, dan tidak berhubungan dengan pekerjaan bangun rumah. Dengan melakukan hal ini, Anda akan mendapatkan sebuah perasaan bahwa Anda benar-benar nyaman untuk saling bekerja sama dengan pihak kontraktor tersebut.

  1. Jujur pada Anda

Ketika bujet Anda tidak akan cukup untuk meng-cover seluruh pekerjaan proyek yang Anda inginkan, atau ketika ide Anda terasa tidak realistis, pihak kontraktor akan jujur kepada Anda mengenai hal-hal seperti ini di awal. Hindari jenis kontraktor yang hanya mengatakan hal-hal yang ingin Anda dengar saja.

Nah, itulah delapan hal yang menandakan bahwa seorang kontraktor benar-benar berkualitas. Dengan tepat memilih kontraktor, akan cepat pula rumah impian terbangun!

Leave a Reply